Headlines News :
Home » , , » Yahoo!Chat Room Selamat Tinggal Yah!

Yahoo!Chat Room Selamat Tinggal Yah!

BALI DUA ONLINE - Yahoo!Chat Room Selamat Tinggal Yah!. Kata-kata itulah yang pantas kami ucapkan. Kisah klasik yang kita temukan di percakapan bersama di Yahoo!Chat Room telah kita lalui. Tapi kenangan itu akan kita bawa bersama ditutupnya Yahoo!Chat Room kesayangan kita. Tidak tahu sampai kapan. Sementara atau permanen. Padahal, ide munculnya Blog Bali Dua Online berawal dari Yahoo!Chat Room, tidak ada lagi tawa dan canda disana. Yah.... Yahoo!Chat Room Selamat Tinggal Yah!

Yahoo!Chat Room Selamat Tinggal Yah!
Pada tanggal 30 November lalu, Yahoo! telah mengumumkan akan menghentikan operasi beberapa produknya. Salah satu produk yang sangat populer dan digunakan banyak orang adalah Yahoo!Chat Room. Yahoo! berencana untuk tidak lagi meneruskan operasinya per tanggal 14 Desember 2012 (waktu setempat).

Karena Yahoo! berada di Sunnyvale, California, Amerika Serikat yang saat ini masih masuk hari Kamis, 13 Desember 2012, 19.03, maka dapat dibilang pemberhentian operasi tersebut akan resmi dilakukan besok tanggal 15 Desember waktu Indonesia.

Dalam hal ini bukan berarti Yahoo!Messenger juga akan berhenti, melainkan hanya fitur room-nya saja yang akan dihilangkan. Yahoo! juga menyadari bahwa penghentian operasi dari Yahoo!Chat Room tersebut akan membuat banyak penggunanya kecewa, namun dari segi pendapatan, produk tersebut kurang memberikan kontribusi maksimal terhadap Yahoo! sendiri.

Yahoo!Chat Room bukanlah chat room pertama yang muncul di internet, namun fitur dari Yahoo! ini termasuk salah satu yang terbesar, terpopuler dan paling bertahan lama di internet. Yahoo!Chat Room mulai muncul sekitar tahun 1998 silam dan menuai apresiasi positif dari banyak pengguna internet.

Yahoo!Chat Room Selamat Tinggal Yah!Sebelum Yahoo!Messenger serta Yahoo!Chat Room muncul, pengguna internet khususnya di Indonesia lebih banyak menggunakan Mail List (Milis) dan MiRC untuk melakukan percakapan secara bersama tanpa dibatasi zona waktu, ruang dan keterbatasan lainnya. Ketika Yahoo!Messenger muncul dan menawarkan fitur ruang obrolannya, maka secara perlahan banyak pengguna internet yang beralih ke produk yang diluncurkan pada tanggal 09 Maret 1998 itu.

Popularitas Yahoo!Chat Room semakin menanjak ketika Yahoo! mulai mengembangkan Yahoo!Messenger sedemikian rupa. Dengan bergabung atau ikut dalam obrolan di salah satu room, penggunanya juga dapat melakukan pembicaraan pribadi dengan seseorang yang dia inginkan. Selain dapat melakukan komunikasi PC to PC, penggunanya juga dapat mengirimkan data sampai berinteraksi dengan bantuan webcam.

Sayangnya, sekitar tahun 2000-an, Yahoo!Chat Room banyak dimasuki oleh bots yang mengakibatkan munculnya iklan biasa sampai dengan yang berbau pornografi. Walaupun banyak keluhan dari pengguna Yahoo!Chat Room, sayangnya Yahoo! terkesan lamban dalam menyelesaikan masalah bots tersebut. Walaupun dikatakan lamban, akhirnya sekitar tahun 2003-2004, Yahoo! mulai menerapkan sistem captcha untuk meminimalisir robot bots itu.

Permasalah ternyata tidak berhenti di situ saja, karena adanya kebebasan bagi setiap pengguna Yahoo!Chat Room untuk menciptakan room sendiri, maka beberapa 'oknum' menyalahgunakan kebebasan tersebut untuk membuat room khusus dengan tujuan untuk memancing korban. Salah satu contohnya adalah room yang bernama Girls 13 And Under For Older Guys. Akhirnya, mulai tahun 2005, Yahoo! kembali sedikit memperketat apa yang terdapat di Yahoo!Chat Room.

Selain berfungsi untuk melakukan obrolan secara global dengan banyak orang tanpa batasan tertentu, Yahoo!Chat Room juga sering digunakan oleh tim marketing suatu perusahaan untuk mempromosikan 'dagangannya.' Dengan mengikuti obrolan yang sedang ramai, tim marketing akan menyelipkan link yang merujuk pada produk mereka secara manual.

Permasalahan demi permasalahan terus muncul, namun tidak membuat Yahoo!Chat Room sepi pengunjung. Selalu ada saja pengguna internet yang mengakses produk Yahoo! ini. Sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi sekaligus maraknya penggunaan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, BlackBerry Messenger dan banyak lagi lainnya mengakibatkan popularitas Yahoo!Messenger dan Yahoo!Chat Room menurun.

Pengguna internet menjadi lebih sering menggunakan 'mainan' baru mereka. Semakin berkembangnya situs-situs jejaring sosial dan banyak beralihnya pengguna Yahoo!Messenger ke website tersebut, membuat pengembang Yahoo!Messenger memikirkan dampak ke depannya.

Selain terlalu banyak alokasi dana untuk menghidupi Yahoo!Chat Room dan beberapa produk lain yang dirasa kurang prospektif seperti contohnya Pingbox dan Yahoo!Voice Phone, maka Yahoo! memutuskan untuk menghentikan produk-produk tersebut dan akan fokus ke produk lain yang lebih prospektif.

Dengan ditutupnya Yahoo!Chat Room ini, maka dapat dibilang era ngobrol dalam satu lingkup tanpa batas waktu, ruang, tempat dan lainnya juga akan segera berakhir. Tidak ada lagi produk atau software sejenis yang populer untuk menggantikan peran Yahoo!Chat Room kecuali MiRC yang sampai sekarang masih terus berlanjut. Yahoo!Chat Room Selamat Tinggal Yah! Terimakasih atas pengorbananmu Selama ini.

sumber: Yahoo, Blog Yahoo, Wikipedia, Ciol, Pokerfraudalert, Merderka
Becak Siantar
Share this post :
Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: Yahoo!Chat Room Selamat Tinggal Yah!
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Mas Bro
Semoga informasi Yahoo!Chat Room Selamat Tinggal Yah! bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses

Posting Komentar

Berkomentarlah Sesuai dengan Topik, dan jangan sekali-kali menempelkan link apa saja di dalam komentar, karena akan kami hapus.

 
Support : Mas Template | Blog Tutorial | Info Lowongan Kerja
Copyright © 2011. Bali Dua Online - All Rights Reserved
Template ReCreated by Kumpulan Adsen Published by Info Bos
Proudly powered by Blogger