Headlines News :
Home » » Chating (Percakapan Dunia Maya)

Chating (Percakapan Dunia Maya)

Chatting - Illustrasi

 English Version

Apa sih Chating itu ?
Chating biasa di bilang Chat Online atau bahasa resminya Percakapan di Internet. namun lebih populer dengan sebutan Chat atau online chat. Chatting biasa  mengacu kepada segala bentuk komunikasi internet, tetapi secara spesifik mengacu kepada percakapan berbasis teks antara dua orang pengguna Internet bahkan lebih (conference atau chat room). Chatting biasa menggunakan perangkat lunak (software) seperti MiRC, Yahoo, Camfrog dan lain-lain sesuai keinginan dan komunitas.

Bagaimana Cara Chatting ?
Cara chatting tidak susah. Tergantung kebutuhan anda. Di zaman teknologi ini chatting bukanlah suatu hal yang sangat susah. Jaringan internet bertebaran dimana-mana, ibarat kacang goreng. Internet bukanlah suatu barang yang mewah. Bahkan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Oh iya, chatting biasanya selalu behubungan dengan jaringan internet. Kalo anda sudah baca tulisan ini, pasti anda tahu apa itu jaringan internet, jadi saya tidak perlu lagi mengulas lebih dalam mengenai internet.

Seperti yang saya uraikan di atas, bawah chatting tidak susah. Perusahaan jasa telekomunikasi sudah menyediakan perangkatnya kedalam telepon genggam (HP). HP berbasih kamera dan 3G atau HP harga diatas Rp. 500.000,- sudah dilengkapi perangkat (fitur / fasilitas) internet. Sehingga memudahkan penggunanya untuk berchating ria. Tergantung anda, apakah anda mau memasukan software (program) chat ke dalam HP anda. Saya kasih contoh Yahoo Messenger.

Yahoo Messenger adalah salah satu software paling terkenal di alam ini untuk berkomunikasi (chating) dengan orang-orang di luar tempat tinggal anda. Baik teman, sahabat, pacar, kekasih, suami/istri bila berjauhan, bahkan selingkuhan bila ada. (heheheheh).

Bagaimana sih Chatting dalam Komunitas?
Yahoo messenger menyediakan komunitas chat dalam fitur-fiturnya. Misalnya berdasarkan Negara, Agama, Budaya, bahkan belanja, atau mencari hiburan. 
Chatting dalam komunitas itu banyak caranya. Anda bisa lewat teman-teman genk anda, mungkin dikarenakan suatu hal, geng anda bubar dan berjauhan tempat, anda bisa membut komunitas chatting. Caranya gampang, buka Yahoo Messenger (YM) anda, hubungin teman-teman anda, ajak teman-teman anda membuat conference chat (CF). CF dilakukan minimal 2 orang, bisa lebih sesuai jumlah teman-teman anda. Gampang kan... tidak ada yang susah.

Kalo Chatting di Room Chat YM?
Chating di CF dan Room Chat YM hampir sama caranya. Bedanya anda tidak perlu membuat komunitas baru alias tidak perlu buat room CF. Anda tinggal bergabung dengan Room-room chat yang disediakan oleh YM. Anda tinggal pilih, mau berdasarkan regional (negara), Hobby, atau Hiburan (konten dewasa).

Kenapa yah saya masuk ke room chat seperti asing?
Itu perasaan anda yang mengatakan demikian. Room chat pada dasarnya memang asing. Tergantung anda, apakah anda orangnya agresif atau passif. Cobalah kalau anda sudah masuk dalam room chat memulai percakapan, misalnya kasih salam, perkenalkan diri anda. Ikutin aja alur percakapan dalam room chat. Gampang kan. Yang penting ingat satu hal, APA TUJUAN ANDA masuk dalam room chat.

Ada gak sih TIPS dan TRIK biar gampang dikenal di room chat?
Sebenarnya TIPS dan TRIK itu tidak ada. Namun itu semua tergantung cara anda membawakan diri dalam percakapan di room chat. Itu tadi, tujuan anda apa?.

Tapi saya akan mencoba memberikan sebuah pengalaman kepada anda biar bisa dikenal di dalam sebuah room chat. (maaf jangan jadikan ini patokan ok, karena tiap orang berbeda cara)

Mungkin anda pendatang baru atau biasa lebih dikenal dengan istilah NEWBIE... jangan segan-segan untuk bergabung dalam suatu komunitas room chat.. Jangan pernah takut ikut bergabung. Dalam dunia maya kita semua sama. Tapi kita harus tetap saling menghargai satu sama lain. Mungkin memulai dari awal susah... jangan cemas. Akan saya uraikan dalam 2 (dua) cara.

Pertama Cara Positif - Butuh Kesabaran:
1. Perkenalkan diri anda jangan secara monoton... buat lah perkenalan anda menarik mungkin namun jangan lupa kasih salam.
2. Sewaktu masuk dalam room chat, anda coba menyimak dan mempelajari kira-kira apa yang sedang  dibicarakan (topiknya apa)
3. Coba ikut alur pembicaraan dalam room chat, misalnya kalo sedang bercanda, ikut saja bercanda. Tapi tetap santai ok.
4. Buat ID YM anda semenarik mungkin sehingga teman-teman chat terkesima melihatnya (misal ID UNDI kalo ada).
5. Dalam pengetikan atau kata gaulnya "FONT " buatlah cirikhas anda, misalnya warna font anda menarik dan tidak silau dilihat, jangan lupa ukuran font anda jangan lebih dari 13pt dan jangan kurang dari 6pt (emang ada yah, hahahah) karena kalao gede atau lebih dari 13pt kemungkinan besar ID anda akan ke IGNORE sama orang-orang yang gak suka Font Gede. Tulisan anda jadi gak kebaca dong sama yang lain, benar gak???
6. Kalau anda mulai mengetik, ketik aja kata-kata yang sopan, artinya berlaku lah sopan satu sama lain
7. Kalau kamu adalah wanita untuk di room chat YM (dalam hal ini Room Regional Bali:2) usahakan memakai Webcam atau Headsead untuk verifikasi gender, ini cuma memastikan apakah kamu ini seorang wanita apa bukan.
8. Coba anda ajak seseorang chat bareng berdua atau PM (Private Chat) mungkin kira-kira menurut anda dia bisa membantu anda dikenalkan kepada teman-teman yang lain. Tapi ingat, tetap berlaku sopan dan jangan salah PM ok.
9. Aktif saja mengetik di room, karena ngapain di room chat kalo cuma masukin ID aja, mendingan jangan masuk room deh, tapi ingat jangan GAJEBO alias Gak Jelas Boooo.
10. Sabar saja.... karena waktu akan menjawabnya.

Kedua adalah Alternatif Singkat:
Tips dan Trik ke dua ini sangat ampuh untuk mencari popularitas di room chat. Anda mau ???
1. Apakah anda seorang wanita ??? Kalau anda wanita - masuk room, tanpa babibu, langsung buka webcam, Silahkan anda show (telanjang) di webcam - Yakinlah anda akan jadi Artis Show di room itu.
2. Jalin hubungan khusus dengan orang yang anda liat kira-kira populer dalam room chat, artinya jadilah pacar dia - pasti anda akan populer juga dalam waktu singkat.
3. Jadilah Tukang Relay (putar film cewek2 show di room / memutar hasil rekaman webcam cewek-cewek show milik koleksi anda), kalo roomnya memang room untuk show, yakinlah anda akan selalu dicari untuk memutar film koleksi anda.
4. Jadilah seorang DJ (pemutar musik) di room, misalnya anda baru masuk room, langsung aja ambil alih VC (Voice Chat) di room.Tapi ingat, kolau koneksi anda koneksi kacrut, percuma juga anda akan kalah.... dalam VC an.tapi kalo gak anda akan kena ignore atau kalah koneksi dengan DJ sebelumnya, hehehhehe.
5. Jadilah Tukang boot alias booter, ketika anda boot id seseorang, jangan lupa kasih tahu siapa anda, pasti anda dikenal langsung (tapi biasanya booter tidak mau memberitahukan jatidirinya - takut didatangi).
6. Coba kamu jadi orang aneh di room.Misalnya ngetik aneh-aneh, ngetik sendiri tanpa tahu arah ketikan kemana, pokoknya ketikna soal apa saja yang membuat orang risih. Nah dengan begitu orang-orang akan berusaha bertanya kamu tuh ngetik buat siapa?. Tapi tapi biasanya ini, kalo tipe kayak begini alias gak jelas... biasanya id anda akan di ignore juga. Percuma juga. Karena anda dibilang aneh, atau orang aneh... hahahaha
7. Jadilah pahlawan kesiangan bagi anak chat room, misalnya menawarkan bantuan dan mau menolong dia apapun, maksudnya bahwa kamu itu adalah pahlawan dialah begitu, pasti kamu dikenal....(biasanya ini jarang... tapi selalu ada sih)
8. Nah ini paling wahid dan paling ampuh, kalao anda merasa kaya atau benar-benar kaya. Ajak aja teman-teman room chat ketemuan (kopidarat). Traktir mereka... Bayarin Mereka... yakinlah anda akan dicaricari dan anda akan dibilang "WAH ANDA ITU BAIK SUKA TRAKTIR". Kalau anda seperti itu,  WOW jangankan orang baru di room chat, orang lama sekalipun di room akan mendekati anda, dan akan membela anda dan memperkenalkan anda,  bila perlu nih, orang yang kamu traktir tersebut  rela mau menjadi jongos Anda. (penjilat maksudnya).
9. Yang selanjutnya saya masih mikir, saya ini mau kasih tahu apa lagi ..... coba aja yah satu-satu .... hahaha

Demikian tips dan trik dari saya. Semoga Berhasil! Anda mau pilih yang mana... silahkan mencoba... kalo ada tambahan silahkan ditambahin. Sukses yah .... ok. Eh... Jangan Lupa.... Kalo Chatting di room... kudu pasang webcam yah... heheheheh.... biar kita kenal....

Becak Siantar
Share this post :
Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: Chating (Percakapan Dunia Maya)
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Mas Bro
Semoga informasi Chating (Percakapan Dunia Maya) bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses

Posting Komentar

Berkomentarlah Sesuai dengan Topik, dan jangan sekali-kali menempelkan link apa saja di dalam komentar, karena akan kami hapus.

 
Support : Mas Template | Blog Tutorial | Info Lowongan Kerja
Copyright © 2011. Bali Dua Online - All Rights Reserved
Template ReCreated by Kumpulan Adsen Published by Info Bos
Proudly powered by Blogger