Budaya Batak Iklan selama 2 bulan - 7 April
Headlines News :
Home » , » Membuat Password Email / Facebook Yang Unik

Membuat Password Email / Facebook Yang Unik

BALI DUA ONLINE - Membuat Password Email / Facebook Yang Unik. Beberapa hari yang lalu bali2ger sering di tanyain dan dimintai tolong mengenai alamat emailnya yang hilang dan mau diambil kembali. Tapi yang namanya hilang biasanya susah untuk dikembalikan.... Untuk menghindari hal-hal tersebut terjadi (hilangnya account kita baik email atau Facebook)  asebaiknya kita mencegahnya dulu. Ada beberapa hal yang harus kita ketahui, seperti ini baik untuk jadi bahan pengetahuan.

Lebih jelasnya baca dibawah ini (Sumber: http://jararsiahaan.com/)

Membuat Password Email / Facebook Yang UnikAgar password Facebook & email anda aman

Bagaimana cara mengetahui password Facebook orang lain atau password email Yahoo teman, salah satunya, adalah dengan menebak. Cara ini sering berhasil, karena banyak pemilik alamat email Yahoo Mail, Gmail, Facebook, Twitter, dll, yang membuat password terlalu pendek dan dengan kata yang mudah ditebak pula.

"Saya akan memberikan tips cara membuat password yang panjang dan mudah untuk anda ingat tapi mustahil bisa ditebak oleh orang lain."

Cara lain yang sering dipakai orang jahat untuk membobol password email dan password Facebook adalah melalui fitur “reset your password” atau “I can’t access my account” (saya tidak dapat mengakses akun saya) atau “password email Yahoo lupa.” Apabila anda menulis jawaban jujur untuk dua “pertanyaan rahasia” atau “pertanyaan keamanan” pada setelan akun email anda, maka orang lain akan lebih mudah untuk me-reset password anda.

Saya akan menerangkan tips membuat dua jawaban atas “pertanyaan keamanan reset password (pemulihan sandi)” yang takkan mungkin bisa ditebak orang lain.

Password Facebook & password Yahoo

Umumnya pemilik akun email Yahoo, Gmail, Facebook, dll membuat password yang lemah — pendek (sekitar delapan atau 10 karakter) dan merupakan kata yang umum. Tidak sedikit orang menulis password seperti nama artis favoritnya, “KuCintaDia”, “TuhanGembalaku”, judul buku, bahkan nomor handphone atau alamat rumahnya. Password atau kata sandi semacam itu harus anda hindari jika anda tidak ingin akun anda dibobol oleh orang lain.

Pihak Yahoo Mail, Gmail, dan Facebook sebenarnya selalu mengingatkan pengguna baru untuk membuat password yang kuat, antara lain dengan menyisipkan tanda simbol seperti &, *, ), =, $, %, @, !, atau tanda # pada passwordnya, dan juga menyertakan angka atau nomor.
Password yang bagus

Lebih dari 20 karakter.
Bukan hanya huruf, tapi juga mengandung simbol seperti #, @, &, *, (, +, /, dan nomor (angka).
Bukan kata-kata yang lazim.

Password kuat & panjang memakai KALIMAT ANEH

Saya telah membahas ini dengan detail di akun Google Plus. Caranya sangat mudah, unik, dan merupakan kreasi saya sendiri.

Ambil dua kata yang unik — tidak pernah anda tulis pada sms atau Status Facebook, dan tidak pernah/jarang anda sebutkan pada teman — seperti: karung goni, rambut biru, tiga mata, kambing penakut, guru sableng, gubernur miskin.

Bentuk menjadi kalimat aneh. Contohnya menjadi:

KarungGoniTempatMenyimpanKekasih

KambingPenakutJatuhDiAtasKualiDapur

RambutBiruKokDibilangSesuatuBanget

GubernurMiskinRajinMenyapuJalanRaya

Sudah anda lihat? Unik, bukan? Saya jamin, tidak akan ada satu orang pun di dunia ini yang mampu menebak password sepanjang dan seaneh kalimat tersebut.

Silakan anda ganti password Facebook dan password email anda sekarang juga! Bentuk sebuah kalimat panjang aneh yang mudah anda ingat.

Supaya lebih kuat dan sulit ditebak, boleh juga anda tambahkan “bahasa alay”, tanda baca, atau simbol di awal atau akhir. Contoh menjadi:

$$Gub3rnurMiskinR4jinMenyapuJalanRaya&&

Password panjang ini boleh ditulis semuanya dalam huruf kecil. Tapi saya sarankan setiap awal kata ditulis dalam huruf besar, supaya lebih sulit dibobol — karena umumnya orang beranggapan bahwa password terdiri dari semua huruf kecil.

Password email & password Facebook harus BERBEDA

Banyak orang membuat password yang sama untuk beberapa akunnya, termasuk password untuk email Yahoo, Gmail, dan akun Facebook dia. Inilah salah satu penyebab mengapa banyak akun email dan Facebook yang dibobol.

Ubah password email dan Facebook anda sekarang juga. Harus berbeda!

Bisa saja akun Facebook atau email anda sebenarnya telah dibobol oleh orang lain tapi dia sengaja tidak mengubah passwordnya, sehingga anda tidak curiga. Dia bisa melihat semua isi surat dan data penting anda!

Cara mengetahui password Facebook orang lain

Salah satunya dengan mengeklik teks “Forgot your password?” atau “Lupa kata sandi anda?” yang terdapat di bawah kotak login Facebook. Lalu pihak Facebook menampilkan halaman untuk me-reset password yang baru. Si orang jahat kemudian diminta memasukkan alamat email (anda) atau nomor handphone (anda). Kalau sebelumnya orang jahat itu telah membobol email anda atau sedang memegang ponsel anda (mungkin dia adalah teman akrab anda sendiri), maka dia akan mendapat kiriman tautan (link) dari Facebook untuk reset password yang baru.

Untuk menghindari akun anda dibobol lewat fitur “password Facebook lupa” ini, sebaiknya anda lakukan tips berikut:

Pakailah alamat email khusus untuk mendaftar atau masuk ke Facebook — bukan alamat email anda yang telah diketahui banyak orang.
Sembunyikan alamat email itu pada setting Facebook anda (hanya anda yang dapat melihatnya).
Jika anda memasukkan nomor ponsel pada settingan akun Facebook, maka setel agar nomor ponsel itu tidak terlihat pada teman-teman FB anda (pilih Only Me — hanya anda sendiri yang dapat melihatnya).
Jangan pernah chatting, membalas, atau mengirim surat via alamat email khusus tadi, sehingga tidak ada satu orang pun yang mengetahui alamatnya.

Waspadalah jika ada teman yang ngotot ingin memegang ponsel anda. Mungkin saja beberapa menit sebelumnya dia telah memakai fitur Reset Password untuk akun Facebook anda, dan dia sedang menunggu tautan (link) dari pihak Facebook.

Hati-hati alamat Facebook & Yahoo Mail palsu!

Pencuri password sering mengirim tautan (link) kepada calon korbannya via email atau saat chatting. Sekilas tautan itu terlihat asli, seperti https://www.facebook.com/ atau https://login.yahoo.com/, tapi setelah diklik, alamat situs tadi berubah beberapa karakter.

Maka setiap anda hendak masuk (login) ke akun email Yahoo, Gmail, atau Facebook, jangan lupa SELALU PERHATIKAN alamatnya pada kotak Address Bar browser Firefox atau Google Chrome yang anda pakai.
Kalau satu karakter saja berubah, maka itu adalah situs palsu yang hendak merekam data username dan password anda.

https://www.facebook.com/recover.php — Ini alamat asli untuk reset password.

https://id-id.facebook.com/recover.php — Alamat untuk reset password ini diblokir oleh browser Firefox dan Google Chrome. Diingatkan bahwa alamat ini mungkin palsu, merupakan jebakan untuk mencuri data username, alamat email, dan password anda. Maka sebaiknya jangan masuk ke dalam sebuah alamat situs jika Firefox dan Chrome sudah mengingatkannya!
“Password email Yahoo lupa” – trik yang dipakai membobol akun anda

Teknik mencuri password Yahoo Mail ini hampir sama dengan kasus Facebook di atas. Mungkin anda tidak sadari bahwa pada setiap halaman login email, seperti Yahoo Mail dan Gmail, terdapat satu tautan-teks yang berfungsi untuk me-reset password baru. Lewat fitur inilah orang jahat sering membobol akun email.

Untuk me-reset password baru, si orang jahat mesti menjawab atau mengisi tiga kolom (kalau anda mengaktifkan ketiganya) dari pihak Yahoo atau Gmail, yaitu:

Alamat email alternatif anda.
Nomor handphone anda.
Menjawab dua pertanyaan keamanan/rahasia anda.

Ke alamat email alternatif dan nomor handphone itulah pihak Yahoo dan Gmail akan mengirim link untuk reset password baru.

Tapi jika anda hanya mengaktifkan opsi keamanan nomor 3 (pertanyaan rahasia), maka si orang jahat akan lebih mudah membobol akun email anda.

Maka anda sebaiknya mengaktifkan ketiga fitur keamanan itu lewat Setting atau Setelan akun email Yahoo dan Gmail anda.

Cara setting keamanan reset password email Yahoo

Masuklah ke akun Yahoo Mail anda.

Lalu klik: Opsi » Opsi Email » Data Account.
Pada bagian “Sign In dan Keamanan”, klik “Update data set ulang kata sandi”.
Selanjutnya akan muncul halaman “Data Set Ulang Kata Sandi”. Di sinilah anda dapat mengaktifkan atau mengubah TIGA LAPIS keamanan reset password.
Jangan lupa klik Selesai dan Simpan Perubahan (Save).

Jika anda tidak memiliki nomor ponsel atau alamat email yang lain, anda boleh hanya mengaktifkan fitur keamanan terakhir, yaitu dua “Pertanyaan Rahasia”. Tapi hati-hati, jangan menulis jawaban yang jujur, HARUS JAWABAN PALSU dan ANEH. Baca tipsnya berikut ini.
JAWABAN ANEH password Yahoo lupa

Pada kolom “Pertanyaan Rahasia” di halaman Yahoo Mail itu anda diminta memilih dua pertanyaan dan sekaligus menuliskan jawabannya. Anda juga boleh menulis pertanyaan sendiri.

Kalau misalnya anda memilih pertanyaan 1 “Siapa nama sepupu tertua anda” atau “Di kota manakah ayah anda dilahirkan”, maka tulislah JAWABAN ANEH — jangan sesekali menulis jawaban yang benar, karena orang jahat akan mudah menebaknya.

Contoh JAWABAN ANEH untuk pertanyaan 1 di atas adalah:

Semut Berwarna Jingga
Apa Siapa 1000
Senjata Canggih Buatan Tetanggaku
Pacarku Ada 8 Unit
Polisi Ditangkap Maling

Begitu juga untuk jawaban pertanyaan 2, tulislah jawaban yang aneh dan tidak masuk akal. CATATAN: Jangan lagi pakai contoh ini, ciptakanlah jawaban aneh anda sendiri.

Kalau anda menjawab secara jujur, maka orang jahat akan lebih mudah menebaknya, lalu dia akan dapat me-reset password yang baru, dan akun email Yahoo anda pun jatuh ke tangannya.

Tips email Yahoo: pilih “Sign out setiap 1 hari”

Kembali ke halaman “Sign In dan Keamanan” tadi, di sana terdapat opsi untuk diklik: “Ubah pengaturan sign in”. Lalu muncul pilihan “Buat saya sign out setiap: …” Ada dua pilihan: setiap hari dan setiap 2 minggu.

Pilihlah “setiap hari”. Lalu klik Simpan atau Save.

Kalau anda membuka email Yahoo dari warnet, dan setelannya adalah “setiap 2 minggu”, maka akun anda itu bisa diakses oleh orang lain di warnet tersebut.
Setting reset password Gmail

Langkah-langkah pada setelan Pertanyaan Keamanan akun Yahoo di atas juga dapat anda terapkan pada email Gmail anda.

Masuk ke akun Gmail anda, lalu klik: Mail settings » Accounts and Import » Change password recovery options.
Lalu ubahlah ketiga fitur keamanan reset password (pemulihan sandi) seperti pada Yahoo tadi.
Jangan lupa klik Simpan atau Save.

Demikian tips-tips yang Bali2gers paparkan. Selamat mencoba.

Baca juga mengenai :
Perangkat Perusak (Malware)
Pengelabuan - Phishing
Becak Siantar
Share this post :
Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: Membuat Password Email / Facebook Yang Unik
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh BosCoy
Semoga informasi Membuat Password Email / Facebook Yang Unik bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses

Posting Komentar

Berkomentarlah Sesuai dengan Topik, dan jangan sekali-kali menempelkan link apa saja di dalam komentar, karena akan kami hapus.

 
Support : Mas Template | Blog Tutorial | Info Lowongan Kerja
Copyright © 2011. Bali Dua Online - All Rights Reserved
Template ReCreated by Kumpulan Adsen Published by Info Bos
Proudly powered by Blogger