Budaya Batak Iklan selama 2 bulan - 7 April
Headlines News :
Home » » Menikmati Wisata Air Terjun "Curug" Cilember Puncak Bogor

Menikmati Wisata Air Terjun "Curug" Cilember Puncak Bogor

BALI DUA ONLINE - Menikmati Wisata Air Terjun "Curug" Cilember Puncak Bogor. Dahulu kala, konon area ini sebagai tempat bersemayamnya putri kerajaan Pasundan yang cantik jelita dan tentunya baik hati. Ia memiliki raut wajah yang awet muda lantaran sering berbasuh di ketujuh air terjun tersebut. Hingga akhir hayatnya, ia tetap berada di sekitar area Wana Wisata Curug Cilember untuk menjaga area curug terebut. Hingga kini penduduk sekitar tidak mengetahui pasti keberadaaannya.

Menikmati Wisata Air Terjun "Curug" Cilember Puncak Bogor

Juga tepat di atas lokasi curug 7 tedapat sebuah makam keramat yang setiap harinya sering dikunjungi oleh masyarakat, untuk berziarah, dan mencari berkah. Menurut sejarah makam ini bernama makam Embah Jaya Sakti yang masih memiliki garis keturunan Prabu Siliwangi dari kerajaan Pajajaran dan masih memiliki hubungan darah dengan Tubagus Arifin yang berada di Kiaralawang Bogor (Kebun Raya Bogor).


Curug Cilember memiliki tujuh buah air terjun di tempat yang berbeda-beda, dengan jeram tertinggi mencapai 40 meter. Semakin kecil angkanya, semakin tinggi letak air terjun tersebut. Namun curug (air terjun) yang paling banyak dikunjungi adalah curug yang ketujuh, dimana curug ini konon diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda, mempercepat dapat jodoh dan dapat menyembuhkan penyakit.

Curug Cilember ini terletak di dalama kawasan Wana Wisata Curug Cilember di ketinggian 800-900 mdpl dengan suhu berkisar 18-23 C. Luas kawasan ini sekitar 5, 9 hektar yang didominasi perbukitan dengan hamparan tanaman pinus merkusi dan di bawah naungan Perum Perhutani Unit III yang bekerjasama dengan PHBM Jawa Barat.

Menikmati Wisata Air Terjun "Curug" Cilember Puncak Bogor

Menikmati Wisata Air Terjun "Curug" Cilember Puncak Bogor
Biasanya banyak pengunjung yang belum puas menikmati keindahan alam sekitar akan melanjutkan mendaki melewati jalan setapak licin dan berbatu menuju ke Curug ke Enam dan Kelima. Sebagian pengunjung sudah merasa senang jika mencapai Curug ke Lima ini, Curug ke Enam sendiri memang sangat sulit untuk dikujungi karena medan serta jalan setapak nya cukup berat. Biasanya pengunjung akan langsung menuju ke Curug ke Lima setelah mengunjungi Curug ke Tujuh.

Bagi anda yang memiliki jiwa petualang, anda bisa mencoba untuk mencapai Curug ke Empat dengan medan yang semakin sulit dan terjal. Tidak jauh dari Curug ke Empat anda akan mencapai Curug ke Tiga.

Kondisi Curug ke Empat dan ketiga jauh lebih alami karena pengunjung jarang yang datang kesana, hal tersebut dikarenakan mendan yang cukup sulit dan terjal.

Menikmati Wisata Air Terjun "Curug" Cilember Puncak Bogor

Jika anda masih menyukai tantangan, anda dapat mengunjungi Curug ke Dua dengan rute perjalanan yang lebih jauh dari Curug ke Tiga. Disini anda harus berhati-hati karena banyak terdapat lintah yang hidup diatara dedaunan atau “Pacet” dalam bahasa setempat. Selanjutnya anda dapat mencapai Curug ke Satu yang merupakan curug paling atas serta merupakan curug tertinggi di Wana Wisata Curug Cilember, kondisi curug ini sangat alami karena untuk menuju kesana memang sangat sulit sehingga jarang ada pengunjung yang datang kesana. Namun demikian anda jangan khawatir karena pihak pengelola akan menyediakan pemandu yang sudah menguasai medan perjalanan, waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke Curug ke Satu + sekitar 3 jam dengan berjalan kaki.

Apabila anda tidak dapat melanjutkan perjalanan untuk mencapai ke seluruh Curug yang ada, menikmati keindahan Curug ke Tujuh dan Curug ke Lima cukup untuk mengobati dari kepenatanan yang ada. Bagi anda yang mempunyai hobi berpetualang pengelola Curug Cilember menyediakan fasilitas berupa jungle tracking dan outbond. Dengan keindahan panorama, suasana asri serta kesejukan udara dan air terjun serta fasilitas lainnya yang disediakan oleh pengelola menjadikan Wana Wisata Curug Cilember sangat cocok untuk menjadi tepat wisata anda beserta keluarga.

Referensi :
1. Curug Cilember - Bogor
2. Jardinn Tour Travel
Becak Siantar
Share this post :
Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: Menikmati Wisata Air Terjun "Curug" Cilember Puncak Bogor
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh BosCoy
Semoga informasi Menikmati Wisata Air Terjun "Curug" Cilember Puncak Bogor bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses

Posting Komentar

Berkomentarlah Sesuai dengan Topik, dan jangan sekali-kali menempelkan link apa saja di dalam komentar, karena akan kami hapus.

 
Support : Mas Template | Blog Tutorial | Info Lowongan Kerja
Copyright © 2011. Bali Dua Online - All Rights Reserved
Template ReCreated by Kumpulan Adsen Published by Info Bos
Proudly powered by Blogger